Kamis, 05 November 2015

by : Nurhidayati XII BB

Jenis-jenis rok yang sedang ramai dikenakan

     Rok atau skirt adalah salah satu jenis baju yang biasa dipakai oleh kaum wanita. Aneka jenis rok beraneka ragam dan berdasarkan bentuk dasarnya. Rok identik dengan penampilan feminin. Setiap wanita yang ingin terlihat lebih feminin dan elegan akan memakai rok yang tentu saja akan disesuaikan dengan bentuk badan serta atasan yang dipakai.


  Jenis-jenis rok antara lain :
1. Rok span
     rok span merupakan rok yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah. 




2.   Accordion Skirt,
       yaitu rok dengan ploi-ploi rata, lembut, halus dan sempit. Ploi tersebut dibuat dengan cara dijahit atau disetrika dengan bahan kimia. Ploi model seperti ini banyak digunakan untuk gaun pada abad 19. Baru pada abad 20, model ploi seperti itu mulai digunakan sebagai aplikasi pada rok atau blus dan sangat populer di tahun 1920 – 1950.



3. Ballerina Skirt,
yaitu rok dengan 2 layer dan layer terluar biasanya adalah kain tile yang dikerut dibagian pinggang dan dibiarkan lepas dibagian bawah sehingga nampak mengembang. Model rok seperti ini populer di tahun 1950, dan saat ini lebih dikenal dengan nama rok tutu.




4. Rok pias
         nama dari rok pias tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.



5. Rok A-Line
      Rok a-line adalah sebutan bagi rok yang memiliki bagian yang lebih lebar di bawah atau menyerupai huruf ‘A’.

6. Rok peplum
     Rok peplum sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir ini. Rok ini menyerupai rok pensil namun memiliki aksen ruffle atau rumbai di bagian atasnya.

7. Rok maxi
     Rok ini juga sedang menjadi tren saat ini. Rok maxi adalah rok panjang yang kadang-kadang panjangnya melebihi mata kaki sehingga pemakainya harus memakai sepatu hak tinggi.

8. Rok tumpuk / susun
      Rok susun adalah rok yang dibuat dengan aksen tumpuk sehingga terlihat cantik.
             
 

Demikian informasi yang dapat saya berikan , Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar